interior-designer-studying-blueprint

6 Denah Apartemen Tipe Studio yang Nyaman dan Tidak Terasa Sempit

Apartemen tipe studio merupakan apartemen dengan satu ruang terbuka yang difungsikan menjadi ruang tamu, kamar tidur, dan dapur. Jenis ini banyak ditawarkan oleh pengembang atau developer apartemen untuk mereka yang membutuhkan area tinggal yang tidak terlalu besar. Biasanya Apartemen tipe studio termasuk tipe apartemen yang cukup populer untuk disewa oleh kalangan milenial karena sesuai dengan kebutuhan dan lebih simpel dalam hal penataan area. 

Selain itu, karena ruangannya yang kecil, biaya listrik juga jadi lebih hemat. Anda pun membeli lebih sedikit barang karena tidak mungkin memasukkan banyak barang ke apartemen tipe studio. Pengeluaran jadi lebih berkurang pastinya. 

Untuk membersihkannya juga tidak terlalu melelahkan dan tidak memerlukan waktu yang lama. Itulah beberapa alasan mengapa apartemen tipe ini masih cukup populer menjadi pilihan banyak orang.

 

Karena areanya yang tidak terlalu luas, perlu sekali mempertimbangkan denah apartemen tipe studio yang nyaman sebelum memilihnya.

1. Denah Apartemen Tipe Studio dengan Kamar Tidur di Pojok Ruangan

Denah Tipe Studio - Apartemen Arumaya Residence

Area kamar tidur biasanya berada di pojok ruangan dekat jendela. Jika jendelanya terlalu besar atau terdapat balkon, tempat tidur jangan dirapatkan ke jendela. Letakkan bedside table di samping sisi tempat tidur yang dekat balkon, agar masih tersisa area untuk berjalan. 

 

Untuk denah model ini biasanya setelah pintu masuk akan ada kamar mandi atau dapur yang berhadapan atau bersisian. Setelah itu berurutan ruang tamu dan kamar tidur. Ini menjadi denah apartemen tipe studio paling umum dan paling banyak dipakai.

 

2. Penempatan Ruang Tamu di Pojok Ruangan

beautiful-interior-room-design-concept

Untuk suasana yang sedikit berbeda, denah apartemen studio bisa juga divariasikan dengan menempatkan ruang tamu di pojok ruangan. Sementara kamar tidur berada berdekatan dengan pintu masuk. Ini juga bisa mengurangi silau matahari yang langsung menyorot ke tempat tidur di siang hari. 

 

Tempat tidur bisa ditempatkan di samping sofa dengan meletakkan sedikit partisi untuk membatasi area. Opsi lain untuk membuat area ini lebih berbeda adalah dengan memiliki sofa yang bisa difungsikan menjadi tempat tidur, dengan tujuan bisa menghemat ruang. Jika ada balkon di pojok ruangan yang berdekatan dengan ruang tamu, Anda bisa menambahkan partisi berupa tanaman segar atau lemari mungil yang bisa mempercantik area tersebut sehingga terlihat lebih segar.

 

3. Kamar Mandi di Tengah Ruangan

Pada apartemen tipe studio, kamar mandi biasanya diletakkan di area depan dekat pintu masuk. Tapi, ada juga kamar mandi yang diletakkan di tengah ruangan, atau bahkan di pojok ruangan berdekatan dengan kamar tidur.

 

4. Dapur di Dekat Jendela

modern-minimalistic-dark-gray-loft-style-studio-apartment

Jika biasanya dapur berada di dekat pintu masuk, ada juga denah apartemen tipe studio yang menempatkan dapur di sudut ruangan dekat jendela. Untuk denah seperti ini perlu diperhatikan juga dari segi kenyamananannya.

 

5. Kamar Tidur yang Cukup Berjarak dari Dapur

Meski areanya tidak terlalu luas, bukan berarti apartemen tipe studio tidak bisa dibuat senyaman mungkin untuk dihuni. Salah satu kunci kenyamanannya adalah dengan memilih denah apartemen yang menempatkan dapur cukup berjarak dari tempat tidur.

 

Akan kurang nyaman jika tempat tidur Anda terlalu dekat dengan dapur, apalagi jika berhadapan atau bersisian tanpa sekat. Ada baiknya terdapat area lain seperti ruang tamu yang memisahkan dapur dengan area tidur.

 

6. Terdapat Sedikit Area untuk Ruang Makan atau Ruang Kerja

modern-studio-apartment-design-with-bedroom-living-space

Karena luas area yang terbatas, biasanya apartemen tipe studio tidak memiliki banyak area yang bisa dimanfaatkan untuk fungsi ruang yang berbeda-beda. Untuk makan dan bekerja biasanya disatukan di ruang tamu. Tapi, area ruang tamu sebenarnya juga masih bisa dibagi lagi menjadi ruang makan. Ruang makan ini bisa digunakan juga sebagai ruang kerja. Pilih meja makan minimalis ukuran kecil dan letakkan di belakang atau di samping sofa ruang tamu. 

Dari tata letak ruangan dan denah di atas memang yang tampak paling ideal adalah menempatkan kamar tidur di pojok ruangan dekat jendela. Ini membuat penghuni  mendapatkan privasi, terlebih jika memang ada partisi seperti tirai atau rak yang memisahkan area untuk beristirahat ini dengan area lainnya. 

 

Jika Anda membutuhkan apartemen tipe studio dengan denah yang cukup ideal, Anda bisa memilih apartemen minimalis Arumaya Residences yang berlokasi di Arumaya Marketing Gallery di Menara FIF, Ground Floor, Jl. TB Simatupang Kav 15 Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Fasilitasnya lengkap, lokasinya strategis. Langsung saja cek ke situs resminya di Arumaya.co.id atau langsung menghubungi nomor telepon (021) 2782 5800 / WA +62816333351 / contact@arumaya.co.id.

Share:

SCHEDULE A VISIT