interior-bright-living-room-with-pillows-sofa-armchair-plants-lamp-empty-blue-wall-background

Tips Menata Interior Apartemen Studio yang Estetik dan Cozy

Tinggal di hunian mungil seperti apartemen tipe studio yang ruangannya menyatu bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan kenyamanan maksimal di dalamnya. Dengan cara berikut ini, Anda bisa membuat interior apartemen studio yang nyaman untuk dihuni dan juga indah dipandang. (Baca juga: Denah apartemen minimalis)

Berikut 6 tips cara menata interior apartemen minimalis:

1. Eksplorasi Style Desain

Walaupun ruangannya terbatas, bukan berarti Anda tidak bisa menghadirkan gaya desain sesuai yang diinginkan untuk interior apartemen studio milik Anda. Coba cari tahu style desain apa yang Anda sukai. Gaya desain industrial, vintage, retro, atau yang lainnya. Pilih yang sesuai selera dan kepribadian Anda. Setelah menentukan tema hunian, tinggal berburu furniture yang sesuai konsep tersebut.

2. Hidden Storage

Anda bisa memilih hidden storage atau penyimpanan tersembunyi agar tetap hemat ruang. Hidden storage bisa Anda buat di bagian bawah tempat tidur, di balik headboard tempat tidur atau di tempat lainnya. 

3. Manfaatkan Floating Shelves sebagai Penyimpanan dan Dekorasi

Foto: hgtv.com

Link: https://www.hgtv.com/design/design-blog/design/design-ideas-for-studio-apartment

Floating shelves atau rak gantung yang menempel di dinding bisa jadi pilihan penyimpanan yang hemat ruang. Anda bisa meletakkan buku favorit Anda atau hobi Anda yang lain, seperti action figure, mainan die-cast atau bahkan robot gundam.  

4. Pemisahan Ruang tanpa Sekat atau Partisi

Meski tanpa sekat, antar ruang tetap bisa “dipisahkan”. Bisa dengan meja atau rak di samping tempat tidur untuk membedakan area tidur dengan area makan, bisa dengan karpet, atau penanda lainnya agar suasana ruangan bisa tetap terasa untuk fungsinya masing-masing.

5. Menambahkan Tanaman Hias dengan Porsi yang Pas

Foto: 204park.com

Link: http://www.204park.com/home/moving-up-a-peek-at-our-bedroom-refresh

Kehadiran tanaman bisa memberikan kebahagiaan. Hanya saja mengingat ukuran apartemen studio yang mungil, sebisa mungkin Anda cukup selektif memilih tanaman hias. Terutama untuk diletakkan di dalam ruangan, tanaman yang dipilih harus bisa hidup dengan minim sinar matahari. 

Dengan porsi yang pas, tanaman bisa menyegarkan ruangan. Akan tetapi, jika berlebihan, ruangan yang kecil akan bertambah sumpek. Salah satu spot cantik untuk meletakkan tanamanmu adalah di bedside table atau nakas samping tempat tidur yang dekat dengan jendela.

6. Dekorasi Unik yang Menjadi Pusat Perhatian

Untuk membuat interior apartemen studio Anda semakin hidup dan bernyawa, Anda bisa berikan sentuhan melalui dekorasi unik. Bisa dalam bentuk lukisan yang tidak biasa, atau apa pun yang Anda sukai dan membuat bahagia ketika melihatnya.

4 Hal Penting yang Harus Dilakukan Jika Tinggal di Apartemen Studio

Foto: https://www.freepik.com/premium-photo/woman-using-vacuum-cleaner-home_4674801.htm#page=1&query=bedroom%20cleaning&position=1

Agar apartemen studio Anda selalu nyaman ditempati setiap harinya untuk tinggal dan beristirahat, ada 3 hal penting yang harus Anda lakukan. Apa saja?

Hindari Menumpuk Terlalu Banyak Barang

Tinggal di apartemen studio berarti Anda belajar untuk memiliki gaya hidup yang juga minimalis. Sebisa mungkin jangan menumpuk barang apalagi barang-barang yang sebetulnya tidak terlalu Anda butuhkan. Anda juga jadi terlatih untuk memilah-milah barang-barang yang sudah usang dan juga lebih selektif ketika hendak membeli barang-barang baru.

Kembalikan Barang pada Tempatnya Setelah Digunakan

Kunci agar selalu nyaman tinggal di apartemen studio adalah selalu kembalikan barang yang Anda gunakan langsung pada tempatnya. Jangan letakkan barang sembarangan. Kalau sudah berantakan di satu area, akan terlihat dari area mana pun dan tentunya tidak sedap dipandang. 

Selalu Menjaga Kebersihan

Jangan pernah malas menjaga kebersihan apartemen studio yang Anda miliki. Di konsep ruang terbuka tersebut tentu kotornya ruang yang satu sangat berdampak pada ruang yang lainnya. Misalnya dapur Anda kotor, bisa terlihat dari tempat Anda tidur, ini tentu tidak menyenangkan, kan? Jadi harus rajin bersihkan seluruh ruangan, ya!

Tidak Menumpuk Baju atau Piring Kotor dalam Waktu Lama

Baju dan piring kotor yang dibiarkan menumpuk apalagi dalam waktu yang lama akan membuat udara menjadi lembab dan menimbulkan bau tidak sedap. Langsung cuci perabotan bekas memasak dan bekas makan Anda. Segera cuci atau laundry baju kotor jangan sampai menumpuk terlalu lama. 

Sudah tahu, kan bagaimana menata interior apartemen studio agar semakin estetik tapi tetap mengutamakan kenyamanan. Untuk Anda yang butuh apartemen tipe studio di Jakarta yang cocok untuk kaum urban yang punya mobilitas tinggi, Anda bisa memilih apartemen Arumaya Residences yang terletak di T.B. Simatupang, Jakarta Selatan.  Terdapat banyak fasilitas menarik dan mewah di dalamnya yang akan sangat memanjakan Anda, salah satunya rooftop infinity pool di mana Anda bisa berenang sambil menikmati pemandangan kota yang cantik dari atas gedung. Anda bisa langsung datang ke Arumaya Marketing Gallery di Menara FIF, Ground Floor, Jl. TB Simatupang Kav 15 Lebak Bulus, Jakarta Selatan atau (021) 2782 5800 / WA +62816333351 / contact@arumaya.co.id.

 

Share:

SCHEDULE A VISIT