old-woman-hands-put-money-coins-piggy-comp

Cara menabung yang bisa membuatmu beli hunian apartemen dengan mudah

Memang tidak semua orang memiliki pendapatan yang sama, namun bukan berarti menutup kemungkinan untuk memiliki hunian impian. Karena sesungguhnya siapapun bisa membeli unit apartemen, termasuk untuk Anda yang ingin memiliki hunian ekslusif di Arumaya.

Banyak yang beranggapan bahwa memiliki hunian seperti apartemen akan sulit, sesungguhnya hal tersebut tidak benar. Memiliki hunian apartemen bisa dikategorikan lebih mudah ketimbang memiliki hunian rumah. Kami telah membuat sebuah artikel mengenai perbandingan antara membeli rumah dan apartemen yang bisa menjadi referensi Anda terkait proses pembelian sebuah hunian vertikal ini.

close-up-person-s-hand-inserting-coin-wooden-house-piggybank-comp

Kembali ke awal, bagaimana cara mudah untuk memiliki hunian apartemen, tentu saja dengan memperhitungkan keuangan Anda setiap bulannya. Kondisi finansial seseorang sesungguhnya bisa menjadi salah satu cara mudah mendapatkan hunian impian, dengan menekan seminimal mungkin pengeluaran, Anda bisa melakukan penghematan yang membantu mempercepat kepemilikan unit apartemen.

Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah menabung. Menabung adalah menyisihkan sejumlah uang dari pendapatan yang diterima seseorang tiap bulan, atau dalam kurun waktu tertentu. Uang tersebut dapat disimpan secara mandiri, atau melalui simpanan kas pada lembaga seperti koperasi, perbankan, atau dalam bentuk aset investasi melalui lembaga terpercaya yang sudah mengantongi izin secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia.

Dengan menyisihkan uang atau memperhitungkan pengeluaran secara konsisten, diharapkan pada jangka waktu tertentu, nilai uang dalam tabungan telah mencapai angka yang dikehendaki untuk kemudian difungsikan sebagai pembayaran atas barang atau jasa, dalam hal ini, untuk membeli sebuah unit apartemen yang Anda kehendaki. Untuk itu, berikut tim Arumaya akan jelaskan cara menabung yang bisa membantu Anda mempermudah memiliki hunian apartemen.

Tentukan Tujuan dan Besaran Hunian yang Anda kehendaki

Anda tentu bebas untuk bertanya terkait setiap hunian yang ditawarkan oleh kami, baik untuk apartemen tipe studio, one bedroom dan two bedroom. Dengan mengetahui harga dari masing-masing unit tersebut, Anda bisa memperkirakan berapa jangka waktu yang diperlukan untuk mencicil (jika Anda berencana untuk melakukan cicilan) kepemilikan hunian tersebut.

 

Source: https://www.freepik.com/free-photo/hands-working-with-office-items_1276373.htm#page=1&query=saving&position=35&from_view=search

 

Dengan mengetahuinya, Anda akan lebih mudah mengatur keuangan dan besar penyisihan tabungan yang dibutuhkan tiap bulannya. Konsultasikan dengan seksama jika Anda butuh bantuan, Anda dapat menghubungi bagian representatif bank tempat Anda menyimpan tabungan, dan rencana Anda untuk kepemilikan apartemen.

Mulai dari nilai terkecil, lalu lakukan peningkatan

Tidak semua orang bisa mengatur keuangan secara baik, oleh karena itu, mulai dari sebuah nilai kecil untuk menyisihkan tabungan Anda. Anda bisa mengikuti skema berikut ini untuk mulai menyisihkan uang tabungan Anda.

 

Minggu ke (x50.000)

Deposit

1

Rp50.000

2

Rp100.000

3

Rp150.000

4

Rp200.000

5

Rp250.000

6

Rp300.000

7

Rp350.000

8

Rp.400.000

9

Rp.450.000

10

Rp.500.000

 

Rp2.750.000

 

Skema tersebut adalah contoh untuk menggandakan nilai simpanan setiap minggunya, misal Anda mulai dengan angka 50.000. Maka di minggu ke-10, Anda sudah memiliki simpanan sebesar Rp2.750.000

Jika kita gunakan skema ini untuk mulai menabung hunian, Anda tentu bisa mengganti mekanisme jangka waktu dan besaran tabungan yang ingin Anda kehendaki.

Menentukan skala prioritas dalam pengeluaran bulanan

Jika mekanisme di atas terkesan tidak mungkin bagi Anda, maka opsi selanjutnya adalah menentukan skala prioritas dalam pengeluaran bulanan. Tentu sebagai seseorang yang sudah memiliki penghasilan, Anda sudah bisa memilah, mana yang menjadi kebutuhan yang penting, dan mana yang tidak penting. 

Seperti misal, menahan pengeluaran untuk makan di restoran-restoran ternama, dan mulai beralih untuk masak sendiri atau mengikuti catering bulanan yang jauh lebih ekonomis. Atau mengganti layanan provider internet dengan harga yang lebih murah, dan mengurangi layanan aplikasi on demand yang jarang Anda gunakan.

Kesimpulan

Cara menabung tiap orang mungkin akan berbeda-beda, Anda sendiri yang tentukan, mana yang lebih efektif untuk membantu Anda dalam menghemat pengeluaran dan mewujudkan dengan segera hunian impian Anda di Arumaya.

Saat semua sudah Anda kira cukup, Anda bisa mulai datang ke Show unit kami untuk segera menentukan tipe apartemen yang cocok dengan budget yang Anda miliki.

Share:

SCHEDULE A VISIT