Pahami pentingnya memiliki Asuransi Properti Apartemen

Pahami pentingnya memiliki asuransi apartemen, sebagai ekstra proteksi investasi properti Anda

Sebagai aset yang perlu dijaga, pemilikan properti berbentuk hunian vertikal seperti apartemen merupakan sebuah kewajiban bagi pemilik. Mengingat nilainya yang akan terus tumbuh, investasi di sektor ini bukan tanpa resiko.

Salah satu resiko yang mungkin menjadi kekhawatiran banyak pengelola dan pemiliknya adalah kebakaran, atau bencana alam yang tidak terduga, hingga mengakibatkan kehilangan unit. Dengan demikian, untuk meminimalisir kerugian yang kian besar, langkah bijak yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan atau mendaftarkan properti tersebut ke dalam program asuransi.

Tentu tujuan utamanya adalah memberikan rasa aman, sehingga saat terjadi hal tak terduga seperti yang kami sebutkan di atas, penghuni setidaknya bisa merasa tenang nilai investasi yang disimpan, tidak akan hilang seluruhnya. Lalu, bagaimana mekanisme pendaftaran asuransi untuk apartemen? Apa hal-hal yang sebaiknya Anda ketahui terkait asuransi ini? Berikut kami buatkan artikel yang dapat membantu mempelajari proses kepemilikan asuransi.

Dasar Hukum Asuransi Bagi Apartemen

Apartemen kini memang menjadi pilihan tempat tinggal yang digandrungi generasi milenial, selain karena unsur kenyamanan, dimana umumnya lokasi apartemen berada sangat dekat dengan kantor tempat mereka bekerja.

Source: https://www.pexels.com/photo/ethnic-male-lawyer-showing-document-on-laptop-to-young-female-colleague-5668807/

Merujuk dari website allianz.com, ketika membeli apartemen, biasanya bangunan apartemen memang sudah diasuransikan secara kolektif oleh badan pengelola apartemen, atau dalam hal ini Astra Land sebagai developer di bawah Astra Properti. Sesuai dengan Pasal 70 Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 tentang rumah susun hunian disebutkan: setiap penghuni diwajibkan membayar premi asuransi kebakaran.

Jika meninjau dari peraturan tersebut, asuransi wajib yang dimiliki oleh penghuni adalah asuransi kebakaran, mengingat resiko yang paling tinggi dialami oleh pemilik gedung adalah kebakaran. 

Untuk itu, sebelum membuat keputusan membeli asuransi, pelajari produk asuransi properti dengan seksama seperti fitur, manfaat, syarat kondisi dan pengecualian dari produk tersebut. Hal ini membantu kita untuk memahami jenis asuransi apa yang sesuai dan apa yang akan kita dapatkan / klaim.

Di beberapa penyedia polis asuransi, ada yang memberikan pelayanan perlindungan secara penuh untuk kerugian yang ditimbulkan akibat rusaknya properti. Asuransi jenis ini dikenal sebagai asuransi all risk. Sebagai pemegang polis ini, penghuni akan mendapat keuntungan berupa perlindungan terhadap sejumlah risiko, menurut PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia) adalah Kebakaran, Petir, Ledakan, Kejatuhan pesawat terbang, dan Asap.

Namun tidak hanya itu, kita juga bisa mendapat perluasan jaminan risiko. Di antaranya jaminan terhadap kerusuhan atau huru-hara, kerusakan akibat perbuatan jahat atau pemogokan, banjir atau kerusakan karena air/badai/angin topan, tanah longsor, dan kebongkaran.

Lakukan Perbandingan Dengan Seksama

Setelah anda mengetahui manfaat yang diberikan oleh asuransi tersebut, coba lakukan perbandingan, baik untuk produk-produk di asuransi yang satu perusahaan, hingga berbeda perusahaan.

Source: https://www.pexels.com/photo/close-up-shot-of-a-person-writing-on-a-contract-7841499/

Langkah ini bertujuan untuk mendapatkan nilai yang menurut Anda, paling pas. Teliti dalam melakukan perbandingan tersebut, karena tidak semua penawaran yang ada di dalam klausul asuransi bisa sesuai dengan kebutuhan. Bisa saja, dalam klausul disebutkan bahwa perlindungan hanya berlaku untuk bangungan, bukan termasuk benda-benda di dalamnya. Hal-hal ini tentu hanya bisa diketahui saat menggali informasi lebih jauh, dan perhatikan setiap ketentuan yang terlampir didalamnya.

Hitung Budget Yang Bisa Anda Alokasikan Untuk Premi Asuransi

Mempertimbangkan bahwa setiap perusahaan asuransi akan mewajibkan Anda membayar premi untuk penggunaan produknya, maka bijak kiranya menghitung kembali budget yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan pembayaran iuran ini di kemudian hari.

Source: https://www.pexels.com/photo/accountant-counting-money-210990/

Saran kami, diskusikan dengan keluarga atau pasangan, terutama jika masih ada beberapa cicilan yang perlu dilunasi dalam periode tertentu. Jangan sampai anda mengalami kesulitan dalam mengatur anggaran sehari-hari, akibat tidak terencananya setiap pengeluaran.

Walau sama-sama penting, setidaknya memproyeksikan keadaan keuangan menjadi prioritas. Anda bisa mengesampingkan pembelian premi asuransi ini, dan menabung keinginan tersebut saat telah ada dana yang benar-benar siap dialokasikan.

Apapun keputusannya, semua itu akan dikembalikan kepada Anda. Karena di Arumaya, kami memperhatikan betul kenyamanan dan keamanan. Dengan melengkapi bangungan dengan Asuransi untuk melindungi dari segala hal tidak terduga.

Demikianlah hal-hal yang perlu dipahami terkait memahami pentingnya memiliki asuransi, dan beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan layanan premi asuransi untuk melindungi properti anda yang berharga.

Share:

SCHEDULE A VISIT