Tips Mengatur Keamanan Tinggal di Apartemen

Tips Mengatur Keamanan Hunian Agar Tinggal di Apartemen Lebih Nyaman

Memulai kehidupan baru sebagai individu atau keluarga di apartemen, seperti sebuah cerita manis yang akan dikenang sepanjang masa. Berbagai macam rencana kecil mulai disusun seiring dengan tabungan-tabungan rencana besar lain yang disematkan dalam perjalanan tinggal dalam hunian vertikal.

Rencana kadang bisa berjalan sesuai dengan harapan, kadang ada yang harus mengubah rencana tersebut di antara hari-hari yang terlewati, akibat beberapa kondisi yang tentu saja tidak terduga.

Demi menjaga rencana itu tetap pada jalurnya, apalagi jika rencana tersebut berkaitan dengan kenyamanan Anda tinggal di apartemen Arumaya, maka kami sajikan beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjaga agar suasana tinggal Anda berlangsung nyaman. Tips-tips yang akan kami sajikan ini lebih kepada hal-hal apa yang sebaiknya diatur secara pribadi, selain dari kelebihan keamanan yang telah kami sebutkan pada artikel sebelumnya

Source: https://www.pexels.com/photo/men-sitting-at-table-smiling-7821498/

Baca Artikel Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen

1. Pahami skema keamanan yang diatur oleh pengelola

Tinggal di hunian vertikal memang dilengkapi dengan berbagai fasilitas keamanan untuk mencegah dari berbagai resiko yang timbul di kemudian hari. Sebagai pengelola, tentu sudah sewajarnya menyediakan itu semua untuk menjamin keamanan tiap individu yang tinggal, dan menjaga kenyamanan lingkungan dari segala resiko yang diluar dugaan.

Source: https://www.pexels.com/photo/green-and-white-male-gender-rest-room-signage-134065/

Namun ada baiknya, sebagai individu juga memahami skema keamanan yang sudah ditentukan oleh pengelola apartemen, seperti :

  • Skema Assembly Point atau titik kumpul

  • Jalur evakuasi / emergency route

  • Lokasi perlindungan darurat

  • Dan sebagainya

Dengan memahami skema tersebut, Anda sudah melindungi diri dan keluarga dari berbagai resiko.

2. Kenal dengan penghuni lain

Sebagai warga negara yang tumbuh dengan dasar gemah ripah lohjinawi, menjadikan masyarakat Indonesia terkenal ramah. Tidak ada salahnya, bagi mereka yang tinggal dalam suatu lingkungan untuk saling mengenal satu sama lain.

Source: https://www.pexels.com/photo/positive-diverse-colleagues-shaking-hands-after-meeting-on-street-5668451/ 

Membangun keakraban dengan penghuni di lingkungan apartemen, bisa menjadi keuntungan tambahan, yaitu rasa aman dalam bersosialisasi dengan masyarakat. Anda bisa mulai dengan mengenal siapa yang tinggal di sebelah unit milik Anda.

Dengan mengenal siapa yang tinggal di sebelah, Anda bisa membangun rasa toleransi atau membangun keakraban antar penghuni jika dikemudian hari terjadi hal-hal tidak terduga, untuk saling bantu, saling tolong menolong. Hal ini juga bisa membantu mengurangi resiko kriminalitas di lingkungan sekitar, dengan memberikan rasa aman antar individu sesama penghuni apartemen.

3. Lengkapi ekstra proteksi seperti asuransi

Memiliki ekstra proteksi untuk keamanan seperti asuransi, merupakan hal lumrah yang kini tumbuh subur di masyarakat modern. Asuransi ini bisa bermacam bentuk, mengingat mulai banyaknya penyedia jasa dalam memberikan fitur layanan proteksi, salah satunya adalah proteksi untuk sektor properti.

Source: https://www.pexels.com/photo/black-framed-eyeglasses-on-white-paper-7735630/

Walau di Arumaya kami sudah menerapkan asuransi untuk bangunan, kami sarankan Anda juga menambahkan untuk properti Anda pribadi, yang mana manfaat dari asuransi tersebut hanya akan terfokus kepada Anda sebagai individu. Anda bisa berinvestasi untuk properti seperti unit, atau untuk benda-benda kepemilikan pribadi yang Anda letakan di dalam area tinggal, seperti benda elektronik, atau benda berharga lainnya.

Atau Anda juga bisa menginvestasikan asuransi tersebut untuk kendaraan yang terparkir di lingkungan, demi menjaga kenyamanan sesama penghuni yang memarkirkan kendaraan di area parkir. 

4. Lengkapi area privasi dengan keamanan personal

Kami menghargai privasi tiap individu yang tinggal di Arumaya, dengan memfokuskan keamanan ke area-area yang lazim dilewati oleh publik, mengingat area publik menjadi tanggung jawab kami sebagai pengelola. Namun berbeda dengan area tinggal, dimana itu menjadi tanggung jawab pemilik hunian/unit. 

Source: https://www.pexels.com/photo/door-handle-key-keyhole-279810/

Demi menjaga kenyamanan pribadi, ada baiknya Anda menambahkan keamanan personal yang bisa anda monitor secara individu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Perlu diingatkan bahwa risiko bisa muncul dari individu yang kurang telaten, sehingga untuk menyelesaikan masalah yang ditimbulkan oleh individu, menjadi bagian dari tanggung jawab diri sendiri.

Salah satu jenis keamanan individu yang bisa kami rekomendasikan adalah penambahan IP Camera, yang bisa diakses secara privasi dengan jaringan nirkabel. Anda bisa mendiskusikan hal ini dengan berbagai macam vendor.

5. Jangan memberikan akses kepada pihak ke 3

Setiap akses dirancang hanya untuk penghuni yang tinggal di lingkungan Arumaya, dan masing-masing akses yang diberikan tersebut merupakan akses yang unik per tiap pengguna. Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan bersama, alangkah baiknya untuk tidak membagikan atau memberikan akses tersebut kepada pihak yang tidak masuk kedalam data pengguna.

Anda bisa berkonsultasi dengan bagian keamanan, jika dikemudian hari terdapat penambahan kode akses yang ingin digunakan oleh anggota keluarga. Namun rekomendasi terbaik kami adalah dengan tidak memberikan akses tersebut kepada pihak ke 3, untuk mencegah hal-hal yang tidak terduga atau diluar kendali individu yang bersangkutan.

Demikianlah tips yang bisa kami berikan, untuk mengatur kenyamanan penghuni, kiranya banyak hal yang bisa anda tambahkan secara individu sebagai poin pelengkap guna menjaga pengalaman tinggal di Arumaya tetap nyaman.

Share:

SCHEDULE A VISIT