interior-design-living-area-reception-with-armchair

Contoh Desain Interior Apartemen yang Nyaman untuk Setiap Ruangan

Dengan luas ruang yang terbatas, kenyamanan tinggal di apartemen menjadi poin penting yang harus diutamakan. Untuk menunjang kenyamanan penghuni apartemen, desain interior di setiap ruangan perlu dipikirkan dengan matang. Mulai dari konsep desain, pemilihan bentuk, warna dan material furnitur, hingga dekorasinya. 

Berikut ini berbagai contoh desain interior apartemen yang nyaman untuk kamar tidur, ruang tamu, dapur dan kamar mandi.

1. Tempat Tidur dengan Upholstered Headboard di Kamar Apartemen

Foto: Pexels.com/Flo Dahm

Link: https://www.pexels.com/photo/white-and-silver-table-lamp-1176516/

Banyak waktu yang pastinya Anda habiskan di kamar apartemen. Tidak hanya untuk tidur, tapi juga untuk sekadar istirahat, membaca buku, atau bekerja dengan santai. Karena itu, penting untuk menciptakan kenyamanan lebih di kamar Anda. Untuk menambah kenyaman tidur Anda di apartemen, Anda bisa memilih tempat tidur yang memiliki upholstered headboard.

Upholstered headboard merupakan kepala tempat tidur yang berisi bantalan pada rangka dan dilapisi bahan seperti beludru, kulit, atau suede. Tempat tidur dengan model ini memberikan sandaran kepala yang lebih lembut dan empuk ketika Anda duduk atau membaca di tempat tidur. Headboard jenis ini biasanya bergaya klasik tapi juga bisa sangat modern. 

 

2. Menambahkan Base Berupa Karpet Di Ruang Tamu Apartemen

Foto: unsplash.com/@nasoril

Link: https://unsplash.com/photos/8gNbhF5AGcs

Untuk menciptakan desain ruang tamu yang tampak nyaman, anda bisa menambahkan beberapa elemen pelengkap seperti karpet. Penggunaan karpet pada area ruang tamu bisa menambah kesan ruang yang lebih rapi dan bersih. Pilihlah karpet dengan warna-warna yang masuk kedalam konsep utama ruang tamu, dan berbaur dengan warna furniture di sekitarnya. Hindari menggunakan karpet dengan warna gelap agar tidak terkesan menyerap cahaya yang ada di sekitar, dan membuantya tampak sumpek atau deadlock.

 

3. Dapur Apartemen dengan Dominasi Warna Cerah

Foto: Unsplash.com/Naomi Hebert

Link: https://unsplash.com/photos/MP0bgaS_d1c

Dominasi warna yang cerah dapat membuat dapur apartemen tampak elegan, berkesan clean, dan lebih luas. Hadirkan warna terang seperti putih, marble, atau warna lain yang mungkin anda kehendaki di dapur melalui pemilihan kabinet dan countertop yang senada. Dapur apartemen Anda pun jadi tampak lebih modern dan classy. Anda juga bisa menambahkan meja bar beserta kursinya di dapur untuk aktivitas makan yang lebih santai sekaligus menghemat ruang. 

 

4. Memiliki Kamar Mandi dengan Area Toilet, Wastafel dan Shower yang Terpisah

Foto: freepik.com

Link: https://www.freepik.com/free-photo/shower-box_3661324.htm#page=1&query=apartment%20bathroom&position=8

Walau kecil, bukan berarti kamar mandi tidak bisa dibuat area terpisah antara toilet, wastafel dan shower area. Jika memang tidak memungkinkan adanya kaca untuk memisahkan shower area dengan toilet dan sink, Anda bisa juga menggunakan tirai agar kenyamanan tetap terjaga ketika berada di kamar mandi.

 

Tips Membuat Desain Interior Apartemen yang Nyaman

3Bedroom- Living Room_20171114

Foto: Arumaya Residences

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ruangan apartemen Anda nyaman untuk ditempati. Dalam penentuan desain interiornya, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Tentukan Konsep Desain Apartemen yang Anda Inginkan

Konsep desain interior apartemen Anda merupakan tema utama yang menjadi fokus dari semua elemen desain, mulai dari estetika ruang, layout, style, dan pemilihan warna. 

Pilih konsep desain dengan style yang paling sesuai dengan keinginan Anda. Untuk gaya desain, ada beberapa gaya yang bisa dipilih, seperti style desain scandinavian, minimalis, victorian, vintage, rustic, ecletic, shabby chic, bohemian, industrial, atau nautical.

2. Pertimbangkan Ukuran Apartemen

Ukuran apartemen juga perlu diperhatikan ketika ingin membuat desain interior yang nyaman di apartemen Anda. Luas apartemen menjadi poin penting ketika Anda menentukan jumlah furnitur, bentuk, serta ukurannya. Terlalu banyak barang sehingga membuat area gerak menjadi sempit akan membuat Anda kurang nyaman tinggal di apartemen.

3. Perhatikan Dekorasi di Setiap Ruangan

Fungsi dari dekorasi apartemen adalah menghadirkan keindahan secara visual dalam ruang tentunya dapat meningkatkan rasa nyaman berada di ruangan tersebut. Karena itu unsur dekorasi tidak boleh dilupakan karena selain mempercantik apartemen juga memberikan kenyamanan lebih bagi Anda.

Selain yang telah dijelaskan di atas, ada banyak unsur lainnya yang perlu diperhatikan dalam sebuah ruangan yang bisa turut menentukan kenyamanan Anda, mulai dari pencahayaan, kualitas udara, serta kebersihannya. 

Jika sedang mencari apartemen yang nyaman di Jakarta Selatan, Anda bisa memilih Arumaya Residences. Tersedia beragam tipe unit apartemen yang bisa dipilih mulai dari tipe studio hingga tipe 3 kamar tidur. Dilengkapi dengan fasilitas premium dan ekslusif, Arumaya Residences cocok untuk tempat tinggal masa kini yang menawarkan kenyamanan tinggi. Anda bisa datang langsung ke  Arumaya Marketing Gallery di Menara FIF, Ground Floor, Jl. TB Simatupang Kav 15 Lebak Bulus, Jakarta Selatan atau (021) 2782 5800 / WA +62816333351 / contact@arumaya.co.id. 

Share:

SCHEDULE A VISIT