contemporary-young-female-designer-interior-bending-desk-while-looking-through-electronic-sketches-flat-touchpad

Panduan Mendapatkan Biaya Interior Apartemen Terbaik

Saat ini, Apartemen menjadi pilihan dan prioritas utama bagi mereka yang sedang mencari hunian, terutama dikota-kota besar. Biasanya kesan mewah dari bangunan sebuah Apartemen bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pembeli atau penyewa. 

Namun, tidak hanya tampilan bagian luar saja yang menjadi daya tarik, bagian dalam Apartemen juga bisa menjadi daya tarik jika interior ruangannya ditata seindah mungkin. Pada umumnya, Apartemen yang siap huni biasanya sudah dilengkapi dengan interior yang lengkap, sehingga calon pembeli atau penyewa tidak perlu khawatir mengenai interior di setiap ruangan Apartemen.

Namun ternyata, ada juga beberapa Apartemen yang unfurnish atau kosong, sehingga calon pembeli atau penyewa membutuhkan jasa interior design untuk menata ruang mereka, agar terlihat lebih rapi dan indah. 

hands-young-female-designer-interior-with-pencil-sketch-paper

Desain interior yang berkelas tinggi, sudah tentu membutuhkan biaya yang tinggi pula. Kisaran biaya untuk desain interior pun berbeda-beda, tergantung dari tipe Apartemen, konsep desainnya seperti apa, kemudian jenis material yang akan digunakan, kualitas produk, dan juga harganya. 

Pemilihan konsep yang tepat, akan membuat tampilan Apartemen lebih menarik dan indah, sehingga akan menimbulkan rasa nyaman. Komposisi ruang dan furniture harus diselaraskan dengan konsep interior dan bahan baku yang digunakan. Jenis material yang digunakan pun disesuaikan dengan konsep-konsep interior seperti; klasik, industrial, basic, minimalis, dan lain-lain.

Sebelum memilih jasa Interior, sebaiknya Anda menyiapkan konsep interior yang Anda inginkan terlebih dahulu, agar memudahkan desainer untuk membuat gambaran atau denah interior ruangan. Gambar yang akan dibuat oleh desainer pada awalnya adalah gambar 2D, kemudian gambar 3D. Tingkat kerumitan desain dan detail gambar tingkat tinggi juga menentukan tarif jasa interior nya. Lalu, berapa sih tarif untuk jasa desain interior?.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) menetapkan biaya jasa desain interior, yaitu terdapat dua tipe perhitungan jasa interior. Tipe pertama dihitung berdasarkan luas permeter persegi. Tipe kedua dihitung berdasarkan persentase komisi dari total anggaran, yaitu 10% dari total anggaran, dan . Berikut penjelasa lebih lengkapnya:

Tarif Jasa Interior Berdasarkan Luas Per Meter Persegi

Desainer pada umumnya memasang tarif jasa berdasarkan luas ruangan yang akan dikerjakan. Biasanya tarif dihitung per meter persegi. Saat ini, kisaran tarif yang ditetapkan antara Rp 200.000 – RP 1.000.000 per meter perseginya. 

Namun harga tersebut akan disesuaikan lagi dengan kredibilitas desainernya, jika desainernya adalah seseorang yang berpengalaman dan memiliki kualitas serta pelayanan yang bagus, maka harga yang dipatok tentunya akan lebih dari penentuan diatas. Berikut ini adalah contoh perhitungan jasa desain berdasarkan tarif per meter persegi:

  • Desainer akan mendekorasi seluruh ruangan dalam Apartemen berukuran 20 x 10 meter, dengan harga Rp 450.000 rupiah per meter persegi
  • Maka cara menghitung biaya jasa desainnya adalah: Rp 450.000 x (20m x 10m) = Rp 450.000 x 200 m2
  • Jadi, biaya jasa desain interior yang harus Anda bayar adalah Rp 90.000.000 Rupiah.

Multipurpose Room 827px

Tarif Jasa Interior Berdasarkan Persentase

Selain menentukan tarif berdasarkan luas per meter persegi, biasanya desainer juga mematok biaya jasa interior berdasarkan persentase dari total biaya produksi yang telah disepakati. Besar persentase yang digunakan bervariatif antara 2% – 10% dari total biaya produksi. Sekali lagi, biaya ini bisa berbeda antara masing-masing kontraktor interior.

Ukuran ruang yang akan didesain juga menentukan besaran persentase yang digunakan, semakin luas ruangan yang didesain, maka tarifnya pun semakin tinggi. Berikut adalah contoh perhitungan tarif jasa interior berdasarkan persentase:

  • Desainer akan mendekorasi ruang sebuah Apartemen berukuran 400 m2. Total biaya yang telah disepakati adalah sebesar 5 miliar rupiah.
  • Besaran persentase yang ditetapkan adalah 3% dari total biaya produksi. Jadi biaya jasa desainer tersebut adalah 3% x 5 miliar, yaitu sebesar 150 juta Rupiah.

3-BR-min

Tarif Jasa Interior Berdasarkan Gambar per View

Beberapa desainer interior juga memasang tarif biaya gambar desain ruang yang ingin didekorasi saja. Tarif jasa gambarnya pun bergantung pada tingkat kesulitan dan kerumitan gambar yang diinginkan.

Semakin tinggi tingkat presisi gambar, maka semakin mahal pula tarif jasa gambar desainnya. Contohnya gambar desain ruang bermain minimalis akan lebih murah biayanya dari pada harga gambar desain kamar tidur yang diisi dengan banyak furniture.

Begitulah kira-kira cara menghitung biaya desain interior beserta contohnya. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa desain interior, pastikan Anda sudah memiliki konsep desain yang Anda inginkan yang telah Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Sehingga kerjasama Anda dengan desainer akan semakin cepat dan mudah.

Namun jika Anda membeli apartemen di Arumaya, Anda tidak perlu merubah konsep interior apartemen karena setiap hunian sudah dirancang dengan sangat cantik dan estetik untuk tiap unitnya. Anda bisa mendapatkan hunian nyaman tanpa perlu renovasi setelah membelinya, untuk itu, Anda bisa menghubungi tim Marketing kami guna melakukan tour dan melihat secara langsung contoh hunian yang sesuai dengan ukuran tipe studio atau lainnya di Arumaya Residence, Jl. TB Simatupang Kav 15 Lebak Bulus, RT.4/RW.1, Lb. Bulus, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Share:

SCHEDULE A VISIT