real-estate-clerk-offering-visitor-document-sign-827px

Tempat Tinggal Pilihan Generasi Milenial, Beberapa Faktor Ini Menjadi Pertimbangan

Bagi generasi milenial, memiliki apartemen dan tinggal di dalamnya adalah salah satu pilihan yang tepat. Hunian model vertical seperti apartemen menjadi salah satu bentuk hunian yang digemari, selain karena kemudahan untuk mendapatkannya, beberapa fasilitas dan lokasi yang ditawarkan apartemen akan mendukung akses mobilitas gaya hidup modern para millenials. Seperti apartemen Arumaya yang berada di Jakarta Selatan. Selain tempat tinggal, fasilitas yang dimiliki oleh Arumaya dapat membantu meningkatkan produktivitas keseharian.

Bagaimana milenial sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli apartemen

Sebagai generasi yang sering melakukan berbagai pertimbangan, dalam membeli apartemen ada baiknya memperhatikan beberapa hal, misalnya seperti:

  1. Legalitas perusahaan. Hal yang paling penting adalah memeriksa sertifikat dan legalitas bangunan. Kamu perlu mengetahui dan memeriksa Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki oleh developer, surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT). Jangan lupa cek nantinya sertifikat yang akan kamu terima. Biasanya pemilik apartemen akan memiliki sertifikat Sertifikat Hak Milik Satuan Rumah Susun (SHMSRS).
  2. Survey lokasi. Apakah apartemen itu strategis dengan fasilitas umum, misalnya transportasi menuju ke tempat kerja. Dengan lokasi yang strategis, memungkinkan kita untuk menuju lokasi-lokasi atau destinasi tujuan kita dengan mudah..
  3. Kenali fasilitas pendukung seperti fasilitas umum yang ada disekitar tempat Anda tinggal.
  4. Jangan lupa perhatikan usia bangunan terutama kalau kamu beli apartemen second. Bangunan apartemen yang sudah terlalu tua mengeluarkan biaya perawatan yang lebih tinggi.

Tata cara membeli apartemen

Kalau kamu sudah memutuskan untuk membeli investasi dengan segala pertimbangan salah satunya aktivitas yang padat, apartemen adalah pilihan yang paling tepat. kalau lokasi apartemen pilihan berada dekat dengan lokasi kerja akan lebih baik karena selain menghemat tenaga dan waktu, membeli apartemen juga merupakan bentuk investasi yang baik untuk saat ini. Ada beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelumnya

Booking fee

Istilah pemesanan awal atau biasa disebut booking fee adalah syarat utama yang besar biayanya tergantung dari besar atau kecilnya unit yang akan dipilih. Ada beberapa developer yang memang memberikan biaya flat untuk semua jenis unit yang diinginkan. Developer akan memberikan pengikat jual beli berupa NUB (Nomor Urut Beli yang merupakan dokumen pemesanan unit, tipe apartemen dan lokasi, kuitansi dan detail pembayaran selanjutnya.

Uang Muka

Tahap pembayaran uang muka lebih disarankan melakukan pembayaran secara kredit karena bisa membantu meringankan pembeli. Developer akan menghitung lama angsuran uang muka yang akan dilanjutkan ke tahap cicilan. Tahap ini dibutuhkan keterbukaan antara developer dengan pembeli dengan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pembeli karena menyangkut kredibilitas dan kepercayaan pembeli kepada developer yang bersangkutan.

Bukti PPJB

Kalau uang muka selesai dibayarkan, PPJB (Perjanjian Pengikat Jual Beli) akan diberikan. Dokumen ini bersifat sementara sebelum akta jual beli diserahkan Ketika kamu menyelesaikan keseluruhan pembayaran harga unit apartemen yang dipilih. PPJB sudah menjadi bukti yang kuat di mata hukum kalau kamu merupakan pemilik sah apartemen sebelum sertifikat AJB (Akta Jual Beli) diterima.

Pelunasan Apartemen: Kredit atau Tunai?

Setelah PPJB diterima, kamu harus memenuhi berkewajiban melunasi pembayaran apartemen secara tunai atau kredit tergantung dari kesepakatan awal. Supaya pembayaran lebih mudah, lebih baik kamu menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) sesuai dengan perhitungan Bank yang telah kamu pilih dengan suku bunga yang mengambang atau tetap. Biasanya lama ciciln KPA  berkisar 15 sampai dengan 20 tahun.

 

Prospek investasi apartemen

Tidak selamanya industri properti mengalami kenaikan, terdapat beberapa kendala yang mungkin akan menurunkan nilai jual beli properti.. Kelebihan Investasi apartemen adalah merupakan salah satu investasi properti yang sedang naik, bahkan hingga beberapa daerah menunjukkan tren positif. Penyebabnya yaitu didorong oleh banyak faktor salah satunya masyarakat modern nomaden dan ekonomi domestik mengalami peningkatan.

Riset permintaan pasar di bidang properti hunian sebagian didominasi oleh apartemen dengan menunjukkan hasil yang cukup baik. Pertumbuhan penggunaan atau end user dari hunian apartemen cukup tinggi.

Segmen demografi yang memilih hunian ini adalah keluarga muda dan pekerja kelas atas karena dinilai sebagai hunian yang praktis. Kualitas dan harganya yang terjangkau membuat apartemen sebagai tempat tinggal. Di daerah Jakarta Selatan, Arumaya Residences bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan apartemen yang bisa ditempati karena berada di lokasi yang strategis yaitu dekat dengan akses transportasi, sekolah, rumah sakit hingga pusat perbelanjaan.

Kalau kamu menemukan tempat tinggal  dengan akses mobilitas yang baik , sepertinya apartemen merupakan jawaban yang tepat.

Dan Arumaya bisa menjadi pilihan untuk menetap dengan huniannya mewah dan fasilitas yang memadai dapat membuat penghuni merasa nyaman. Kalau kamu tertarik menjadi penghuni Arumaya Residence, kamu bisa langsung datang ke Marketing Gallery di Menara FIF, Ground Floor, Jl. TB Simatupang Kav 15 Lebak Bulus, Jakarta Selatan atau (021) 2782 5800 / WA +62816333351 / contact@arumaya.co.id.

Share:

SCHEDULE A VISIT