person-s-hand-stacking-coins-near-house-model-comp

Cara Menabung Paling Efektif Untuk Pemula

Saat dewasa kita akan merasakan pentingnya menyisihkan uang, mengingat banyak kebutuhan yang bisa muncul, terutama yang berkaitan dengan hunian dan tempat tinggal. Bahkan bagi seseorang yang masih single sekalipun, hunian merupakan prioritas pertama. Setidaknya Anda perlu tempat tinggal yang dekat dengan lokasi Anda bekerja atau beraktivitas sehari-harinya.

Sebagai salah satu apartemen yang lokasinya strategis dari pusat bisnis jakarta, dan menjadi lokasi terfavorit bagi banyak orang, Arumaya menjadi solusi tepat untuk hunian vertikal yang kini banyak digandrungi, karena kami menyediakan berbagai macam tipe Apartemen, mulai dari tipe studio yang cocok bagi personal, atau apartemen tipe one bedroom, bagi Mereka yang ingin memisahkan area kamar tidur dari ruang utama.

close-up-man-s-hand-putting-coin-jar-using-calculator-comp

Untuk mempermudah Anda dalam memiliki hunian idaman di Arumaya, tentu Anda perlu mempersiapkan biaya yang sesuai dengan tipe hunian yang kami sebutkan diatas. Cara terbaik untuk menuju ke sana adalah dengan menabung.

Fakta Menarik Tentang Menabung

Menabung sesungguhnya bukan sekedar menyimpan sebagian uang kita begitu saja. Menabung bisa memberikan kita banyak manfaat, seperti belajar memprioritaskan, hidup hemat, berencana untuk masa depan, dan yang lebih penting kita bisa belajar mengelola keuangan.

Source: https://www.freepik.com/premium-photo/saving-money-prepare-future-concept-model-house-gold-coin-money-glass-bottle-green-background-finance-banking_18912221.htm?query=saving

 

Bagi sebagian orang, menabung dianggap sebagai sebuah aktivitas yang membebani. Sebab mereka merasa dibatasi, tidak bisa menikmati hasil dari kerja keras seutuhnya. Padahal ada banyak cara untuk membuat Anda tidak terlalu merasakan hal-hal di atas, sehingga menabung menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menguntungkan.

Untuk itu, tim Arumaya akan menjelaskan kepada Anda terkait cara menabung yang efektif dan menyenangkan, sehingga Anda akan merasakan manfaatnya di kemudian hari, termasuk untuk membeli unit apartemen di Arumaya.

Tentukan Target Anda

Saat Anda ingin memiliki sebuah hunian, terutama Apartemen, tentu developer sudah memiliki minimal biaya yang Anda perlukan untuk membayar Down Payment. Nah biaya Down Payment ini bisa Anda gunakan sebagai target awal Anda dalam menabung. 

Setelah target ditentukan, rencanakan dalam kurun waktu berapa bulan DP tersebut harus siap. Sehingga Anda bisa mulai menyusun besaran tabungan yang Anda perlu sisihkan tiap bulan atau sesuai dengan jangka waktu yang Anda tentukan.

Gunakan Sistem Tanggal

Sistem tanggal ini sempat diangkat oleh Koinworks pada salah satu artikelnya, dimana seseorang bisa mulai menabung dengan menyisihkan uang secara terbalik dari tanggal saat ini dan dikali Rp1.000. Misal dalam 1 bulan terdapat 31 hari, maka di tanggal 1, seseorang bisa menabung sebesar Rp31.000, di tanggal 2, Anda bisa menabung sebesar Rp.30.000, dan seterusnya.

Jika diperhatikan, cara ini akan memudahkan Anda mendapatkan uang sebesar Rp496.000 di akhir bulan. Tentu dengan jumlah ini Anda sudah bisa membayangkan bahwa dalam kurun waktu 1 bulan, setidaknya Anda bisa menyisihkan uang minimal Rp400.000. Dan dalam 1 tahun, Anda bisa menyisihkan uang sebesar Rp4.800.000.

Kurangi pengeluaran yang bersifat mencicil

Mencicil memang sangat menggoda, Anda bisa memiliki barang impian Anda saat ini, dengan membayarnya secara berkala di kemudian hari. Biasanya barang-barang elektronik, atau yang berkaitan dengan hobi. 

Source: https://www.freepik.com/free-photo/stressed-couple-figuring-out-their-finances_15606942.htm#page=1&position=1&from_view=detail#query=saving&position=1&from_view=detail

 

Sayangnya hal ini justru menghambat Anda untuk menabung, karena saat terlalu banyak membeli barang dengan sistem cicilan, Anda tidak bisa memfokuskan uang Anda ke hal yang lebih penting.

Menabung Dengan Besaran Tertentu

Hal ini pernah dicontohkan oleh seorang motivator, Ippho Santosa, dimana kita bisa menabung saat memiliki uang Rp20.000, dari sisa pembelanjaan kita. Cara ini bisa Anda lakukan dengan besaran-besaran tertentu yang Anda kehendaki.

Nah demikianlah cara-cara menabung yang paling efektif untuk membantu Anda dalam menghemat pengeluaran Anda, diharapkan uang tabungan yang Anda kumpulkan bisa segera mewujudkan impian Anda dalam memiliki hunian idaman di Arumaya.

Share:

SCHEDULE A VISIT