smart-city-building-technology-real-estate-business-businessman-holding-digital-tablet-with-buildings-hologram-application-programming-interface-technology

Apartemen Menjadi Aset Investasi? Berikut Tipsnya!

Pertumbuhan penduduk dan keterbatasan lahan di kota-kota besar menjadikan masyarakat kesulitan untuk mendapatkan rumah tapak yang nyaman dan dekat dari pusat aktivitas harian mereka. Ditambah urbanisasi yang terjadi setiap tahun menjadikan rumah tapak dengan harga terjangkau kian sulit diperoleh. 

Hal ini yang kemudian mendorong terjadinya pergeseran tren hunian, dari rumah tapak ke rumah vertikal, atau masyarakat umum biasa menyebutnya dengan sebutan Apartemen.

 

Sumber: https://www.freepik.com/

Namun kini, Apartemen tidak hanya ramai dijadikan sebagai hunian, tetapi juga digunakan sebagai alat atau aset investasi. Di masa lalu, orang tua akan merekomendasikan anaknya melakukan investasi aset dengan membeli tanah atau rumah tapak, seiring perkembangan zaman, sekarang sudah banyak orang tua yang menyarankan anaknya melakukan investasi aset dengan membeli unit apartemen.

Berinvestasi untuk jangka panjang memang sangat perlu dilakukan oleh setiap orang sedini mungkin, baik investasi dalam bentuk aset maupun saham. Kedua jenis investasi tersebut sedang booming karena menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit jika dikelola dengan baik dan benar.

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih Apartemen sebagai alat investasi, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini, agar investasi Anda bisa memberikan keuntungan sesuai dengan keinginan dan target Anda:

Pilihlah Tempat Yang Strategis

Lokasi Apartemen yang strategis selalu menjadi incaran para investor, terutama jika Apartemen berada dekat dengan fasilitas umum, pusat kota, pusat bisnis, dan kawasan penting lainnya. 

Lokasi Apartemen yang strategis tentunya akan berpotensi sebagai wilayah yang akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, sehingga harga jual atau harga sewa Apartemen pun akan semakin mahal. Pemilihan lokasi Apartemen juga bisa disesuaikan dengan target pasar Anda. 

Misalnya, target pasar Anda adalah mahasiswa atau pelajar, maka pilihlah Apartemen yang berada dekat dengan Kampus. Dan jika target pasar Anda adalah karyawan kantoran, maka pilihlah Apartemen yang berada dekat dengan kawasan perkantoran dan kawasan bisnis. 

Jika lokasi Apartemen yang Anda pilih sudah sesuai dengan target pasar Anda, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk menentukan konsep desain seperti apa yang akan Anda tawarkan kepada mereka.

 

Lokasi Arumaya Residences

 

Salah satu Apartemen berlokasi strategis di Jakarta Selatan adalah Arumaya Residences. Arumaya berada dekat dengan beberapa Sekolah dan Universitas International, akses transportasi yang mudah, dekat dengan fasilitas umum, dan terdapat juga pusat komersial di sekeliling Apartemen. 

Dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh Arumaya Residences, bisa menarik minat calon pembeli dan penyewa secara tidak langsung. Hal ini akan menambah nilai jual Apartemen Anda. 

Pertimbangkan Fasilitas

Selain lokasi yang strategis, fasilitas yang ditawarkan Apartemen biasanya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli dan penyewa. Fasilitas yang umumnya ditawarkan adalah kolam renang, pusat kebugaran, taman bermain, dan lain-lain. 

Selain fasilitas tersebut, fasilitas keamanan seperti kamera CCTV dan security juga sangat penting, hal tersebut juga bisa menambah harga jual loh.

arumaya pool

Pertimbangkan Harga dan Pembayaran 

Apartemen tentu memiliki harga yang berbeda-beda, maka Anda harus memastikan bahwa Anda membeli Apartemen yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Ketika membeli Apartemen, Anda akan disediakan beberapa pilihan metode pembayaran dari developer. Beberapa teknik pembayaran bisa dengan cicilan bertahap (installment), KPA (Kredit Pemilikan Apartemen), atau secara tunai (hard cash). 

Namun, jika Anda memiliki budget yang cukup atau bahkan lebih, sebaiknya Anda membeli Apartemen dengan metode pembayaran cash, karenakan banyak keuntungan yang Anda dapatkan, biasanya seperti diskon.pembelian dan lain-lain.

Pilih Unit Dengan Posisi Terbaik

Tentukan posisi unit sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Jika Anda ingin menyuguhkan panorama langit sore dan langit pagi yang indah, maka Anda bisa memilih unit yang berada di lantai atas. Namun jika Anda ingin menawarkan kemudahan beraktivitas dan dekat dengan lantai dasar, maka Anda bisa memilih unit yang berada di lantai bawah. Kedua pilihan unit tersebut tentunya memiliki kelebihan kekurangan masing-masing, jadi pertimbangkan dengan baik ya.

Perhatikan Reputasi Developer

Pemilihan developer juga tak kalah penting, pastikan Anda memilih developer terpercaya yang sudah berpengalaman dan memiliki track record yang baik. Hal ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam berinvestasi. 

Arumaya Residences di develop oleh PT Astra Property dan Hongkong Land yang sudah tidak perlu diragukan legalitas dan kualitas yang mereka tawarkan.

 

Semoga kelima tips di atas dapat membantu Anda menemukan aset investasi terbaik Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tenang Arumaya Residences, Anda bisa mengakses lama berikut ini https://arumaya.co.id/ .

Share:

SCHEDULE A VISIT