double-exposure-image-business-profit-growth

Kenali instrument investasi, untuk jangka pendek atau jangka panjang?

Seperti yang diketahui bahwa minat masyarakat Indonesia untuk melakukan investasi masih tergolong rendah. Mereka beranggapan bahwa investasi dilakukan hanya untuk orang-orang kaya saja. Pendapat tersebut mulai dipatahkan oleh masyarakat menengah ke bawah  yang sudah melakukan investasi. 

Investasi yang dipilih juga mudah dijangkau. Dengan berinvestasi, perencanaan keuangan telah tersusun dengan baik. Instrumen investasi juga semakin beragam dan ada beberapa yang cukup populer di Indonesia.

 

Beberapa instrumen investasi yang cukup populer di Indonesia adalah:

1. Properti

2-BR(3)

Nilai investasi properti terus mengalami peningkatan tanpa banyak fluktuasi, resikonya juga termasuk rendah. Model yang digunakan untuk investasi properti bisa dengan cara membeli tanah, membangun hunian di atasnya dan menjualnya dengan nilai yang cukup tinggi atau menyewakannya untuk mendapatkan aliran pemasukan.

2. Emas

Selain sebagai perhiasan, instrumen investasi yang menarik ini bisa menjadi pilihan untuk berinvestasi. Resiko yang didapatkan kecil, nilai cenderung stabil dan selalu mengalami peningkatan setiap tahun bisa menjadi pertimbangan untuk memulai investasi emas. Bentuk fisik emas dapat berupa emas batangan, emas perhiasan, hingga investasi emas lewat aplikasi.

2. Deposito

Mirip dengan tabungan, namun bunga dan waktu jatuh tempo dengan resiko yang rendah membuat investor pemula memilih instrumen investasi ini. Walaupun suku bunga tinggi, uang yang diinvestasikan ke deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu seperti tabungan. Sebelum deposit jatuh tempo, Anda tidak bisa menariknya sama sekali. Setiap bank memiliki tenor deposito masing-masing yang cukup beragam. Rata-rata bank menyediakan tenor maksimal 12 bulan, namun ada juga bank yang menawarkan tenor deposito hingga 24 bulan.

3. Saham

Instrumen investasi dalam bentuk saham membutuhkan dana yang cukup besar sesuai dengan kondisi finansial perusahaan tempat menanam modal tersebut. Contohnya, jika perusahaan tempat berinvestasi mengalami kerugian, maka investor juga akan mengalami kerugian bahkan bisa kehilangan dana.

Anda dapat memilih satu dari sekian banyaknya instrumen investasi yang tersedia. Karena tidak semua instrumen cocok untuk investor. sebelum memilih instrumen investasi, Anda harus dapat mempertimbangkan jangka waktu investasi.

 

Investasi dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

1. Investasi jangka pendek

Dilihat dari namanya, investasi ini memiliki jangka waktu kurang lebih satu tahun. Resiko yang didapat juga tergolong kecil walaupun nilai sebagian besar investasi pada kategori ini cenderung meningkat dengan jumlah yang kecil. Biasanya yang melakukan investasi jangka pendek bertujuan untuk menjadikan manfaat kelebihan cash flow sementara waktu  dan memperoleh tambahan dana.

Keuntungan investasi dalam jangka waktu pendek mendapatkan hasil yang sangat fleksibel, semua itu tergantung dari penarikan dana dari investor. itu bisa terjadi karena investor tidak perlu menunggu asetnya langsung habis sebelum bisa dikonversi menjadi uang tunai. Keuntungan lainnya bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu yang sebentar. Investasi jangka pendek dapat segera dicairkan, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasil investasi. Namun, perhatikan langkah yang benar dalam berinvestasi jangka pendek.

Anda sebagai investor harus memiliki pengetahuan professional dan harus sesering mungkin memantau nilai instrumen investasi. Tujuannya untuk menemukan waktu dan tempat yang tepat untuk memulai investasi jangka pendek. Laba dari investasi jangka pendek akan berkurang dari pajak dan inflasi. Itulah kelemahan dari investasi jangka pendek.

Untuk memulai investasi jangka pendek, mulai lah dari hal yang kecil seperti memilih instrument yang diketahui, dana yang dikeluarkan kecil, dan menggabungkan dengan investasi jangka panjang. Jika digabungkan dengan investasi jangka panjang, keuntungan yang Anda dapatkan lebih maksimal dan Anda memiliki portofolio investasi yang baik.

2. Investasi jangka panjang

Jenis investasi ini merupakan investasi dana kepada suatu proyek. Modal yang ditanamkan cukup besar dan akan dikelola untuk dapat diambil keuntungannya dalam waktu minimal 1 tahun. Instrumen investasi jangka panjang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mulai menghasilkan return sehingga investor harus menahan dan menyimpan investasi ini hingga 10 tahun sebelum menjualnya dan merealisasikan return. Tidak sedikit pula investasi jangka panjang hanya dibeli tanpa dijual kembali.

Resiko yang ditanggung pada umumnya lebih tinggi. Maka dari itu, sebelum investasi jangka panjang Anda perlu analisis cukup mendalam sebelum mengambil jenis investasi ini.

Salah satu pilihan instrumen investasi dalam jangka waktu panjang adalah investasi properti. Investasi properti dapat berupa tanah atau hunian. Memilih untuk melakukan investasi hunian akan memberikan hasil yang stabil, karena bagaimanapun kondisi perekonomian yang terjadi, masyarakat pasti akan membutuhkan tempat tinggal. Investasi ini membutuhkan dana yang sangat besar karena Anda harus dapat membeli sebuah properti yang utuh. 

Sebagian besar penghuni ibu kota dipenuhi oleh generasi milenial. Tinggal di tengah kota metropolitan membuat mereka memilih apartemen sebagai hunian yang memudahkan mobilisasi sehingga bisnis investasi apartemen sangat menjanjikan.

arumaya pool

Arumaya Residence adalah jawaban dari bentuk investasi properti yang dapat memudahkan mobilisasi penghuninya dari satu tempat ke tempat yang lain. Apartemen mewah dan eksklusif ini terletak di daerah TB Simatupang, Jakarta Selatan. Apartemen studio ini dirancang oleh Astra Property dan Hongkong Land dengan high grade specification sehingga furniture yang digunakan juga berkualitas. 

Ukuran unit dan tipe pada apartemennya berbeda-beda. Rasa penasaran Anda dengan kualitas hunian mewah ini akan hilang jika Anda segera datang langsung ke ke Arumaya Marketing Gallery di Menara FIF, Ground Floor, Jl. TB Simatupang Kav 15 Lebak Bulus, Jakarta Selatan atau (021) 2782 5800 / WA +62816333351 / contact@arumaya.co.id. 

Dengan memiliki unit disini, Anda sudah memilih untuk mulai berinvestasi. Tipe mana yang cocok untuk Anda?

Share:

SCHEDULE A VISIT