young-married-couple-sitting-sofa-living-room-home-happy-husband-wife-are-having-fun-are-looking-forward-new-home-moving-relocate-new-home-concept

4 Cara Sewa Apartemen di Jakarta Selatan

Bagi sebagian orang, membeli apartemen akan lebih menguntungkan daripada hanya sekedar menyewa dari pihak penyewa. Karena saat kita memiliki apartemen, kita akan terbebas dari beberapa aturan yang ditetapkan oleh penyewa.

Sebelum Anda menyewa, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli apartemen, apalagi untuk unit-unit yang dimiliki oleh arumaya, tergolong merupakan investasi yang tepat, bukan hanya satu atau dua tahun saja, jauh lebih panjang dari situ.

Baca : Tips Membeli Apartemen di Jakarta Selatan

Namun kita juga tidak bisa memaksakan kehendak, tidak semua orang memiliki kesiapan keuangan yang sama, sehingga pilihan terbaik saat ini adalah menyewa. Bisa jadi, pilihan sewa apartemen ini dilakukan oleh mereka yang memang secara jangka waktu tinggal, tidak akan lama, atau pekerjaan di kantornya saat ini bukan permanent employee, yang memungkinkan dirinya untuk dipindahkan ke kota lain karena kebijakan perusahaan, atau alasan-alasan prosedural lainnya.

Sehingga bagi Anda yang memang berkebutuhan untuk menyewa unit apartemen, artikel ini mungkin bisa membantu Anda mendapatkan info tentang cara sewa apartemen, terutama untuk apartemen yang berada di Jakarta Selatan.

Panduan Untuk Sewa Unit Apartemen di Jakarta Selatan, baik bulanan hingga tahunan.

Saat memilih menyewa, ada beberapa pertimbangan yang menurut kami juga penting untuk Anda lakukan daripada sekedar harga yang murah. Bagaimanapun tempat tersebut akan menjadi tempat tinggal ada selama sementara waktu, jadi jangan hanya karena harga, membuat Anda mengesampingkan hal-hal berikut ini:

1. Pertimbangkan Pelayanan Dari Pengelola Apartemen

Walau apartemen tersebut di sewa dari orang lain, namun ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan dengan pengelola apartemen. Seperti pengurusan surat pindah, pengaturan kotak surat menyurat sementara, hingga pengaturan supply energi yang Anda gunakan.

real-estate-house-property-residence-concept

Untuk itu, coba perhatikan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pengelola apartemen tersebut terhadap setiap keluhan atau permintaan yang Anda ajukan. Jika pelayanan yang mereka berikan adalah pelayanan yang membuat Anda nyaman, maka jadikan itu sebagai salah satu point lebih. Namun alangkah baiknya juga untuk memastikan hal tersebut dikelola dengan baik oleh pemiliknya.

Karena biasanya memang lebih sering hal-hal seperti ini akan dilakukan oleh pemilik apartemen, termasuk mengurus hingga ke urusan perawatan bulanan atau menangani keluhan ke pemilik building. Jika Anda mengalami pengurusan ini dilakukan secara sendiri, maka Anda perlu membuat batasan-batasan sewa yang jelas. Jangan sampai ada extra cost yang perlu Anda tanggung di luar dari kesanggupan.

2.  Persiapkan dokumen untuk sewa

Sebagai sebuah pengesahan, dokumen pendukung untuk sewa apartemen perlu dilengkapi oleh pihak penyewa. Biasanya ada beberapa lokasi yang mewajibkan seseorang melampirkan KTP atau identitas yang bisa di verifikasi, untuk pelengkap administrasinya. 

closeup-contract-table-couple-taking-mortgage-loan

Dokumen lain yang biasanya diperlukan untuk melengkapi sewa apartemen adalah foto copy kartu keluarga, dan surat keterangan pindah domisili dari RT dan RW setempat. Biasanya dokumen akan dipakai sebagai pengenal dan diinformasikan kepada penduduk di lingkungan sekitar kita, seperti keamanan atau tenaga kebersihan lingkungan.

3. Lunasi Biaya Sewa Sesuai Dengan Kesepakatan

Saat melakukan negosiasi biaya sewa, tidak jarang kedua belah pihak akan menentukan kapan biaya sewa sebaiknya dilunasi. Untuk itu, pastikan pada waktu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, biaya tersebut siap. Anda mungkin perlu mempertimbangkan menyimpan uang tersebut di rekening yang terpisah dari rekening yang biasa Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari atau rekening yang terpisah dari keperluan pengeluaran rutin Anda.

hands-agent-client-shaking-hands-after-signed-contract-buy-new-apartment

Pilihan lain adalah simpan biaya untuk melunasi sewa apartemen dalam bentuk Deposito, sehingga saat waktu pelunasan tiba, setidaknya tidak akan terpotong biaya admin bank.

4. Minta bukti sewa yang bisa Anda jadikan pegangan

Bukti penyewaan menjadi penting untuk Anda yang menyewa, dengan begitu Anda tahu kapan kontrak sewa Anda di mulai dan selesai. Di kemudian hari, saat sudah mendekati tenggat habis masa sewa, Anda perlu mempertimbangkan hendak pindah ke tempat lain, atau perlu melakukan perpanjangan sewa.

Bukti sewa ini juga bisa digunakan sebagai salah satu dokumen untuk memasang instalasi tambahan yang belum dimiliki oleh unit apartemen yang Anda sewa, seperti instalasi jaringan internet.

Nah kiranya itu adalah cara untuk sewa apartemen, karena kebutuhannya yang tidak sedikit ini lah yang menjadikan banyak orang mempertimbangkan membeli apartemen. Untuk itu, jika Anda berkeinginan untuk segera memiliki hunian apartemen, Anda bisa mengunjungi show unit kami yang ada di Menara FIF, Ground Floor, Jl. TB. Simatupang Kav 15 Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Share:

SCHEDULE A VISIT