young-smiling-asian-man-relaxing-using-laptop-computer-working-video-conference-meeting-home-young-creative-man-looking-screen-typing-message-with-smartphone-work-from-home-concept

Mulai Tertarik Membeli Apartemen? Ikuti Tips Untuk Pemula Ini

Setelah membaca artikel tentang Pengertian Apartemen, apakah Anda sudah memutuskan hendak membeli apartemen? memilih Apartemen sebagai hunian atau sebagai salah satu alat investasi untuk jangka panjang, adalah pilihan yang tepat, mengingat setiap tahunnya terdapat kenaikan harga dari Apartemen. 

Tetapi, sebelum memutuskan untuk membeli Apartemen, ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Privasi

Sebelum membeli Apartemen, sebaiknya Anda mengenal diri Anda terlebih dahulu, apakah Anda lebih suka tinggal di lingkungan hunian yang sepi dan tenang, atau lingkungan hunian yang padat dan ramai? 

Kalau Anda adalah seorang pekerja yang dituntut untuk selalu fokus, maka tentu saja hunian dengan lingkungan yang sepi dan tenang akan menjadi pilihan Anda bukan? Apartemen bisa menjadi salah satu pilihan, karena pada umumnya penghuni Apartemen cenderung bersifat individualis karena masing-masing memiliki kesibukan pekerjaan yang berbeda-beda.

Eye_level_podium-web1-1-min2

Lokasi

Berbicara tentang lokasi, maka sudah pasti Anda harus memilih hunian yang berlokasi strategis, yang dekat dengan pusat aktivitas harian Anda, terutama dari tempat Anda bekerja. 

Jarak lokasi hunian dan tempat kerja yang relatif singkat, bisa membuat anda berhemat dalam hal biaya transportasi, hemat energi, juga waktu. Anda tidak perlu menghabiskan seluruh waktu Anda untuk bermacet-macetan saat hendak berangkat dan pulang bekerja. 

Lokasi Arumaya Residences

Tipe Apartemen Yang Diinginkan

Ada banyak jenis tipe Apartemen yang bisa menjadi pilihan Anda, tentunya Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget Anda. Kalau Anda sudah berkeluarga, 

Apartemen dengan tipe studio, 1 BR, dan 2 BR (bedroom) bisa menjadi pilihan yang ideal. Ukuran apartemen 2 BR kebanyakan berada di kisaran 30 meter persegi. Ukuran ini cukup ideal bagi mereka yang butuh ekstra ruang apalagi untuk Anda yang sudah berkeluarga yang berencana besar di kemudian hari, seperti hendak menerima tamu. Menyediakan ruangan ekstra agar mereka bisa menginap, atau untuk dijadikan ruang tidur anak, ruang kerja, atau ruangan lain yang sesuai dengan rencana Anda. Namun jika Anda belum berkeluarga dan sangat menyukai gaya hidup minimalis, Apartemen dengan tipe Studio Flat bisa menjadi pilihan Anda. 

Multipurpose Room 827px

Jika Anda membutuhkan apartemen tipe studio dengan denah yang cukup ideal, Anda bisa memilih apartemen minimalis Arumaya Residences yang berlokasi di Arumaya Marketing Gallery di Menara FIF, Ground Floor, Jl. TB Simatupang Kav 15 Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Fasilitasnya lengkap, dan lokasinya strategis.

Fasilitas

Fasilitas merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki Apartemen dan jarang bahkan tidak dimiliki oleh model hunian lainnya. Maka, Anda perlu memperhatikan fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh Apartemen, dan apakah seluruh fasilitas tersebut dapat membantu memenuhi keinginan dan kebutuhan sehari-hari Anda? 

tips investasi apartemen 2

Biaya Perawatan 

Fasilitas lengkap dan mewah yang ditawarkan Apartemen, tentunya membutuhkan biaya perawatan (maintenance) yang tidak sedikit. Bila di Rumah kita harus membayar banyak sekali macam iuran seperti; keamanan, kebersihan, air, tukang rumput, dan lain-lain.

Maka untuk Apartemen Anda cukup membayar sekali saja di awal bulan, namun ada juga pengelola Apartemen yang menagih biaya perawatan setiap enam bulan sekali. Dan tentunya, biaya perawatan Apartemen lebih tinggi dibandingkan dengan biaya perawatan rumah.

Legalitas

Legalitas menjadi hal terpenting dalam memilih dan memutuskan untuk membeli Apartemen sebagai hunian, maupun sebagai alat investasi. Pastikan Anda mendapat sertifikat HGB (Hak Guna Bangunan). 

HGB ini memiliki batas waktu maksimal 20 tahun. dan pastikan juga sertifikat tersebut adalah HGB murni atau HGB diatas HPL (Hak Pengelola Lahan). HGB murni artinya tanah adalah milik developer secara sah. Sedangkan, jika HGB diatas HPL (Hak Pengelola Lahan) adalah kerjasama developer dengan pihak lain sebagai pemilik tanah. Jika masa berlaku sertifikat HGB telah selesai, maka bisa diperpanjang kembali. 

Namun, jika sertifikat yang didapat adalah HGB diatas HPL, setelah jangka waktu kerjasama habis maka hak bangunan dan tanah menjadi hak pemilik tanah.

Sebagian besar Apartemen, menyediakan fasilitas bersama seperti tempat kebugaran, kolam renang,taman, laundry, Area komersil, tempat bermain anak, dan fasilitas bersama lainnya. Menyenangkan bukan, tinggal di hunian yang bisa memberikan kita sensasi liburan tanpa perlu keluar Kota?

Apartemen tipe ini adalah Apartemen kecil dengan satu ruangan berkonsep open plan dimana semua fungsi ruangan seperti ruang tengah, kamar tidur dan dapur menyatu dalam satu ruangan. Jenis apartemen tipe studio ini merupakan tipe apartemen yang mengedepankan efisiensi ruangan dan biasanya dijual dengan harga paling ekonomis.

Lokasi Apartemen yang strategis juga dapat menambah nilai jual, jika sewaktu-waktu Anda ingin menyewakan atau menjual Apartemen Anda.

Hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan ketenangan dan kenyamanan, agar fokus Anda tidak terganggu oleh kegaduhan lingkungan hunian.

real-estate-clerk-offering-visitor-document-sign-827px

 

Setelah membaca kelima tips di atas, semoga bisa membantu Anda untuk menemukan Apartemen hunian yang sesuai dengan keinginan Anda ya! Anda juga bisa melihat https://arumaya.co.id/ sebagai salah satu pilihan untuk membeli Apartemen!.

Share:

SCHEDULE A VISIT