luxurious-modern-interior-living-room-gray-sofa-white-flooring-white-wall-3d-rendering compressed

4 Desain Ruang Tamu Apartemen Minimalis yang Trendi

Prinsip desain interior ruang tamu apartemen minimalis adalah memiliki penataan yang simpel dan rapi dengan sedikit furnitur serta menghindari banyak hiasan atau ornamen yang tidak perlu. Desain minimalis bisa dipadukan dengan beragam gaya lainnya seperti desain gaya Jepang, farmhouse, industrial dan boho.

Simak selengkapnya beragam desain ruang tamu apartemen minimalis yang bisa jadi inspirasi Anda.

 

1. Ruang Tamu Apartemen Minimalis Gaya Jepang

Foto: digsdigs.com/japanese-apartment-design

Furnitur dengan kursi dan meja yang lebih rendah menjadi ciri khas dari desain interior minimalis gaya Jepang. Desain furnitur seperti ini memberikan kesan langit-langit yang lebih tinggi sehingga memberikan ilusi ruangan lebih luas.

Di Jepang juga sudah menjadi hal yang biasa bahwa ruangan yang sama digunakan untuk berbagai fungsi. Karena itu, untuk mengadopsi gaya Jepang tersebut, furnitur multifungsi bisa jadi pilihan. 

Warna netral seperti abu-abu dan putih serta furnitur berbahan kayu menjadi ciri gaya desain ini yang membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman.

 

2. Ruang tamu minimalis gaya industrial

Foto: renoguide.com.au/interior-design/55-modern-industrial-interior-designs-and-ideas

Gaya desain industrial masih menjadi favorit banyak orang, karena terlihat trendi dan edgy. Elemen material utama yang menjadi bagian dari desain industrial adalah kayu, logam, batu bata, dan kulit. Untuk lampu yang digunakan umumnya model pendant lamp dengan pancaran sinar berwarna kuning. 

Warna-warna monokrom menjadi ciri dari desain industrial. Pada umumnya desain industrial menghadirkan nuansa warna gelap yang tampil dari pipa-pipa warna hitam, besi warna abu-abu tua, bata warna terakota dan semen ekspos yang berkesan raw. 

Anda bisa membuatnya lebih cerah dengan memberikan sentuhan warna putih atau warna lain favorit Anda. Ruangan yang kontras bisa tampak lebih stunning! 

 

3. Ruang Tamu Apartemen Minimalis Gaya Farmhouse

Foto: archute.com/modern-farmhouse-living-room-ideas

Desain interior bergaya farmhouse menjadi salah satu desain yang terus menjadi tren. Identik dengan gaya rustic dan palet warna sederhana menghadirkan suasana yang kasual dan santai di ruang tamu apartemen minimalis Anda.

Dinding dengan model shiplap wall menjadi salah satu ciri desain farmhouse. Shiplap wall merupakan dinding yang dilapisi panel potongan kayu yang ditempatkan secara horizontal dan dicat dengan warna putih. 

Namun, banyak juga ditemukan shiplap dalam warna lain dan bentuk lain seperti vertical dan chevron. Tambahkan meja dari palet kayu peti kemas atau kursi rotan untuk membuat ruangan semakin berkesan rustic!

 

4. Ruang Tamu Apartemen Minimalis Boho

Foto: apartmenttherapy.com/look-we-love-this-is-the-new-bohemian-243103

Desain gaya Boho atau Bohemian terpengaruh oleh gaya desain tahun 70-an yang tipikalnya memasukkan elemen alam, colorful, dan tekstur berlayer. Boho pada umumnya memang tidak terlalu minimalis. Anda perlu memadukannya dengan gaya minimalis secara tepat.

Tekstil yang vibrant bisa dihadirkan melalui karpet atau bantal sofa yang bermotif dan berwarna cerah. Hindari memajang terlalu banyak pajangan agar kesan minimalis tetap terjaga.

 

Dekorasi dan Furnitur Ruang Tamu Apartemen Minimalis

Pada umumnya desain ruang tamu apartemen minimalis sudah pasti minim dekorasi. Namun, memilih elemen dekorasi yang tepat bisa membuat ruang tamu apartemen Anda menjadi semakin estetik.

Apa pun pilihan Anda, baik itu gaya desain minimalis Jepang, Boho, farmhouse atau industrial, Anda bisa menambahkan dekorasi dan furnitur seperti di bawah ini

1. Tanaman dan Ladder Bahan Kayu

Foto: https://themoodpalette.com/how-to-create-a-scandinavian-bohemian-living-room/

Menambahkan beberapa tanaman di ruang tamu akan memberikan kesegaran. Coba letakkan juga ladder dari kayu untuk menggantung kain hiasan agar ruangan tampak berbeda.

 

2. Tray Berisi Bunga, Buku dan Lilin

Sumber: https://curatedinterior.com/farmhouse-living-rooms/

Dengan sedikit sentuhan, ruang tamu apartemen minimalis Anda bisa jadi semakin manis. Coba letakkan tray atau nampan berisi pajangan bunga, lilin dan buku di atas coffee table. Dengan mengelompokkan beberapa dekorasi seperti ini, ruangan juga jadi terlihat lebih rapi. 

 

3. Coffee Table Mungil

Foto: roohome.com/10978/applying-rustic-studio-apartment-design-decor-wooden-accent-design

Coffee table berukuran kecil bisa jadi pemanis ruangan. Bila perlu pilih coffe table yang bisa ditumpuk bersusun sehingga lebih hemat tempat. Utamakan memilih meja dengan kaki-kaki ramping.

Beragam gaya desain ruang tamu apartemen di atas bisa Anda terapkan di apartemen yang menawarkan aneka kemudahan hidup dan fasilitas seperti Arumaya Residences. Dengan spesifikasi material berkualitas tinggi yang disediakan di setiap unitnya, Anda bisa bebas berkreasi menciptakan konsep desain ruangan yang Anda inginkan. 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai unit apartemen Arumaya Residences yang berlokasi di Jakarta Selatan, Anda bisa mengunjungi Arumaya Marketing Gallery di Menara FIF, Ground Floor, Jl. TB Simatupang Kav 15 Lebak Bulus, Jakarta Selatan atau (021) 2782 5800 / WA +62816333351 / contact@arumaya.co.id. 

 

Share:

SCHEDULE A VISIT