closeup-key-door-personal-loan-concept

Perhatikan Hal Ini Saat Ingin Sewa Apartemen dari Pihak Lain

Untuk memiliki hunian di masa seperti ini, memang cukup tricky. Mengingat tidak semua bisa mengakomodir keinginan kita, seperti misal harga, kadang ada perumahan atau apartemen yang menawarkan harga beli yang murah, namun lokasinya jauh dari kantor kita, dan ditempuh hanya dengan mobil.

Atau lokasinya dekat dengan tempat kerja kita saat ini, namun fasilitas pendukungnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, terdapat biaya tambahan ini dan itu yang membuatnya tidak masuk akal dan jauh lebih mahal daripada perhitungan awal yang telah Anda perkirakan. 

open-door-home-with-key-keyhole-new-housing-concept

Bagi beberapa orang, setelah menghadapi masalah ini, tentu akan memilih sewa apartemen. Namun sebagai salah satu developer apartemen, kami mungkin perlu menjelaskan kepada Anda tentang pentingnya membeli apartemen, terutama di unit-unit yang kami miliki.

Sebagaimana Anda ketahui, Arumaya Residence berada di Kawasan Komersial Jakarta Selatan dengan dikelilingi pengembangan modern yang menjadikan kehidupan Anda di sekitar lingkungan apartemen akan lebih mudah. Oleh karena itu, memiliki hunian di Arumaya merupakan pilihan terbaik dan investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan, daripada Anda hanya sekedar menyewanya dari pihak lain.

Namun jika memang Anda tidak memiliki pilihan lain selain menyewa hunian apartemen, baik di Arumaya atau di tempat lain, maka sebaiknya Anda mengetahui hal-hal berikut ini saat hendak melakukan sewa.

Hal-hal yang sebaiknya diperhatikan bagi Anda yang hendak menyewa apartemen

Ada beberapa point yang perlu Anda perhatikan saat hendak menyewa apartemen, terutama jika apartemen tersebut merupakan apartemen yang baru selesai di bangun atau di pugar. Beberapa hal yang pelru di perhatikan tersebut antara lain:

1. Pastikan penyewa adalah pemilik langsung apartemen

Tidak jarang apartemen biasanya disewakan melalui sebuah lembaga atau agen properti yang memiliki jasa untuk menyewakan apartemen. Tentu saja, saat Anda mendapati apartemen Anda disewakan oleh pihak ketiga, biasanya akan ada extra surcharge atau biaya tambahan yang dibebankan sebagai bentuk jasa. 

female-realtor-handing-smiley-couple-keys-their-new-home

Biaya tambahan ini bisa jadi salah satu alasan pembengkakan harga sewa, yang bisa dihindari jika Anda menyewa langsung dari orang pertama atau pemilik apartemen langsung. Untuk itu, pastikan bahwa orang yang menawarkan adalah pemilik lansung dengan memeriksa keabsahan surat menyurat yang dimiliki, atau berdasar informasi dari pengelola apartemen tempat Anda akan menyewa.

2. Pastikan Fasilitas Pendukung Berjalan Dengan Normal

Sebagai sebuah bangunan yang dibangung dengan tujuan komersil, biasanya apartemen akan bekerja sama dengan beberapa penyedia energi seperti listrik, air, gas, hingga internet. Ada aturan yang menyebutkan bahwa bangunan atau hunian vertikal wajib menggunakan jasa atau pihak penyedia kebutuhan energi ini, oleh karena itu pastikan semua berjalan dengan lancar.

smiley-female-realtor-showing-empty-house-couple

Jika terdapat gangguan atau masalah, setidaknya Anda tahu harus melaporkan kemana, jika pemilik apartemen tempat Anda menyewa tidak dapat dihubungi karena sebuah alasan tertentu. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan pasokan energi yang kontinyu dan bisa nyaman tinggal di apartemen yang tengah Anda sewa.

3. Pastikan keamanan lingkungan

Keamanan adalah hal lain yang perlu Anda perhatikan saat hendak menyewa apartemen, terlebih karena Anda akan berada dalam satu lingkungan bersama orang yang baru Anda kenal. Pastikan Anda mendapatkan pengarahan yang jelas tentang bagaimana sistem keamanan di lingkungan tinggal Anda diterapkan oleh pemilik dan pengelola apartemen.

man-security-is-holding-walkie-talkie

Dan sebisa mungkin, Anda juga perlu berbaur dengan pemilik apartemen lainnya, dengan mengenali siapa tetangga Anda, maka Anda bisa sama-sama saling menjaga keamanan di sekitar tempat Anda tinggal. 

4. Perhatikan Perjanjian Sewa Anda

Dalam surat perjanjian sewa apartemen biasanya terdapat hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan dan tidak Anda lakukan. Beberapa pihak yang menyewakan apartemen akan mencantumkan hal ini karena berhubungan dengan beberapa hal seperti dilarang untuk melakukan menempelkan hiasan dinding tanpa memberitahu developer, atau memelihara hewan.

form-contract-sale-movable-property

Perjanjian sewa juga kadang berisi hal-hal seperti nomor telepon bantuan yang bisa Anda hubungi ketika terjadi hal-hal darurat untuk membantu menyelesaikan persoalan Anda tanpa harus meminta bantuan kepada pemiliknya. Untuk itu, perhatikan isinya baik-baik dan tanyakan dengan jelas tiap point-pointnya agar tidak merugikan kedua belah pihak.

Nah kiranya itu hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan sewa apartemen, tentu hal ini merupakan hak Anda. Namun sebagai developer, kami akan menyarankan membeli unit apartemen, karena di Arumaya, nilai investasi saat membeli sebuah apartemen akan lebih menguntungkan daripada hanya sekedar menyewanya.

Jika Anda berubah pikiran, Anda bisa dengan leluasa menghubungi marketing gallery kami pada hari kerja. Untuk info kontak, Anda bisa melihatnya di bagian hubungi kami atau bagian bawah dari website ini.

Share:

SCHEDULE A VISIT