cute-siblings-playing-with-dog-with-their-parent-sofa compressed

8 Tips Menciptakan Ruang Keluarga Apartemen yang Hangat

Ruang keluarga apartemen biasanya difungsikan juga sebagai ruang tamu. Sehingga tidak ada perbedaan yang terlalu esensial antara keduanya. Karena itu, penting untuk membuat ruangan yang dapat memberikan kenyamanan untuk bersantai bersama keluarga sekaligus untuk menyambut tamu. 

Desain Ruang keluarga biasanya lebih kasual karena digunakan untuk menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga sambil saling berinteraksi dan menikmati hiburan dengan menonton televisi atau bermain video game. Sementara desain ruang tamu sedikit lebih formal karena digunakan untuk entertain tamu dalam acara yang khusus. 

Bagaimana Mendesain Ruang Keluarga Apartemen yang Berfungsi Sebagai Ruang Tamu Sekaligus?

Untuk menghadirkan satu ruangan yang bisa mengakomodasikan dua fungsi sekaligus, perlu perpaduan eleman yang pas. Berikut ini 8 tips yang bisa Anda lakukan.

 

1. Tambahkan Hanging Swing Sebagai Kursi Santai

Foto: themoodpalette.com/how-to-create-a-scandinavian-bohemian-living-room

Bentuk sofa dan coffee table yang tampak formal bisa diimbangkan dengan tambahan hanging swing untuk kesan ruangan yang lebih santai. Berikan bantalan empuk agar duduk lebih nyaman.

 

2. Mix Material Sofa di Ruang Keluarga Apartemen


Foto: hgtv.com/design/rooms/living-and-dining-rooms/tips-for-creating-a-family-friendly-living-room-pictures

Jika memang memungkinkan menaruh beberapa kursi atau sofa, coba padukan material yang berbeda pada tempat duduk yang Anda pilih. Misalnya, satu sofa dengan material dudukan berbahan kain atau fabric seperti polyester dan linen, lalu sofa lainnya berbahan kulit. 

Sofa bahan kain paling banyak ditemukan dalam ruang keluarga. Akan tetapi, untuk keluarga yang sudah punya anak, bahan jenis ini agak sulit dibersihkan jika terkena tumpahan makanan atau minuman. Karena itu sofa berbahan kulit yang tahan lama dan mudah dibersihkan bisa jadi pilihan tepat di ruang keluarga apartemen yang juga menjadi ruang tamu.

 

3. Sesuaikan Ukuran Sofa dengan Ukuran Ruangan

Foto: hgtv.com/design/rooms/living-and-dining-rooms/tips-for-creating-a-family-friendly-living-room-pictures

Sofa tipe two seater bisa jadi pilihan untuk ruang keluarga apartemen yang tidak terlalu luas. Tapi, jika ruangan cukup luas, Anda bisa memilih sofa berbentuk huruf L atau bahkan huruf U yang bisa digunakan untuk banyak orang.  

 

4. Rapikan Kabel Peralatan Elektronik dalam Lemari

Foto: apartmenttherapy.com/best-tv-stands-small-spaces-36899029

Dalam ruang keluarga di mana Anda menonton televisi atau dan bermain video game pasti akan banyak kabel dari peralatan elektronik yang digunakan. Karena ruang ini juga untuk menyambut tamu, tampilan kabel yang berantakan, jelas akan tidak sedap dipandang. 

Simpan kabel-kabel ke dalam lemari agar ruangan terlihat lebih bersih dan rapi serta tidak membuat orang tersandung ketika berjalan di sekitar area.

 

5. Pajang Foto Keluarga dan Padukan dengan Artwork Menarik

Foto: themoodpalette.com/how-to-create-a-scandinavian-bohemian-living-room

Memajang foto keluarga dan artwork yang menarik dapat membuat ruangan menjadi lebih cantik. Sesuaikan warna artwork beserta bingkainya agar cocok dengan warna ruangan.

 

6. Coffee Table yang Memiliki Ruang Penyimpanan

Foto: home-designing.com/buy-coffee-tables-with-storage-online

Ruang tamu dan ruang keluarga yang menjadi satu tentu butuh tempat penyimpanan. Tanpa perlu menempatkan storage terpisah, Anda bisa memilih coffee table yang juga memiliki storage.

Storage tertutup bisa membuat ruangan terlihat lebih rapi. Ini bisa jadi tempat menyimpan benda-benda seperti buku, majalah, atau benda lain lainnya.

 

7. Floor Lamp untuk Ruang Keluarga yang Lebih Hangat

Foto: retrotogo.com/2017/02/sphere-1960s-style-copper-finish-floor-lamp-at-maisons-du-monde.html

Floor lamp bisa menjadi lighting tambahan di ruang keluarga terutama untuk Anda yang senang membaca buku. Selain itu, lampu jenis ini juga bisa membuat ruangan menjadi lebih stylish. Sesuaikan desain floor lamp dengan konsep desain keseluruhan ruangan keluarga apartemen Anda. 

 

8. Karpet yang Nyaman

Foto: apartmenttherapy.com/living-room-decorating-ideas-254480

Untuk keluarga yang sudah memiliki anak, terkadang ruang keluarga juga jadi tempat bermain anak. Karena itu, memiliki karpet yang nyaman juga jadi unsur yang perlu dipertimbangkan. Pastikan juga furnitur yang dipilih aman dan tidak berbahaya untuk anak-anak.

Membuat ruang keluarga sekaligus ruang tamu yang hangat pada dasarnya tidak terlalu sulit. Dengan tips di atas Anda bisa menghadirkan satu ruangan yang bisa difungsikan untuk keduanya. Kreasikan ruang keluarga favorit di apartemen yang Anda tempati. 

Jika Anda masih mencari apartemen yang tepat, Anda bisa melirik apartemen Arumaya Residences yang terletak di Jakarta Selatan. Apartemen ini memiliki tempat bermain anak juga kolam renang anak. Cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga. 

 

Segera cari tahu informasi lengkapnya, Anda bisa datang ke Arumaya Marketing Gallery di Menara FIF, Ground Floor, Jl. TB Simatupang Kav 15 Lebak Bulus, Jakarta Selatan atau (021) 2782 5800 / WA +62816333351 / contact@arumaya.co.id.

Share:

SCHEDULE A VISIT