saving-bottle-with-euro-notes-coins-blue-background

Panduan menabung untuk DP Apartemen

Down Payment (DP)  dalam bidang ekonomi diartikan sebagai pembayaran uang muka di awal dalam persentase tertentu yang harus dibayarkan untuk memiliki sebuah barang. Besaran dari DP ini bervariasi, tergantung ketentuan yang dimiliki atau berdasar kesepakatan antara penjual dan pembeli.

DP ini lumrah ditemukan dalam transaksi jual beli, termasuk dalam properti seperti Rumah dan Apartemen. Banyak pihak yang merasa diuntungkan dengan konsep DP ini, karena biasanya hal ini dijadikan patokan untuk membeli atau tidak jadi membeli sesuatu. Saat sudah membayar DP, biasanya seseorang sudah memiliki keyakinan diatas 50% untuk membeli barang tersebut, dalam hal ini tentu saja apartemen.

Dalam transaksi pembelian unit Apartemen di Arumaya, tentu kami juga memiliki kebijakan untuk membayarkan DP ini sebagai syaratnya. Untuk Anda yang berencana menabung untuk DP, maka artikel ini bisa dijadikan rekomendasi untuk mempersiapkannya.

Berapa DP yang diterapkan untuk tanda jadi membeli apartemen di Arumaya?

Besaran DP yang diterapkan oleh kami bagi Anda yang hendak membeli unit apartemen adalah 10% dari total unit yang ingin Anda beli. Dikarenakan kami memiliki berbagai tipe unit, tentu DPnya akan disesuaikan dengan tipenya.

Nah karena nilainya yang berbeda inilah yang menjadikan DP ini juga berbeda bagi orang-orang, untuk itu kami sangat merekomendasikan bagi Anda yang ingin memiliki hunian idaman dan berencana membayar DP sebagai bentuk tanda jadi, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan. Hal-hal ini bisa membantu Anda untuk segera mendapatkan biaya yang sesuai untuk menutupi DP yang ditetapkan, antara lain:

Hitung pemasukan dan pengeluaran bulanan Anda dengan seksama

Setiap orang pasti punya pemasukan dan pengeluaran yang berbeda-beda, namun semua memiliki kesamaan. Yaitu bisa dikendalikan selama Anda paham berapa pemasukan dan pengeluaran yang Anda perlukan tiap bulannya.

side-view-business-man-calculating-finance-numbers

Jika Anda berencana untuk menyisihkan uang dari gaji bulanan Anda, jika terlalu banyak pengeluaran yang sudah terjadi, mungkin Anda perlu mempertimbangkan menyelesaikan pengeluaran-pengeluaran yang bersifat cicilan terlebih dahulu, kemudian baru Anda bisa memprioritaskan untuk menabung DP.

Prioritaskan 20% dari Gaji saat ini untuk menabung DP

Walau besaran income berbeda, dengan jumlah prioritas sebesar 20% dari pemasukan Anda, setidaknya ada nilai konsistensi yang bisa ditetapkan dalam memprioritaskan besaran tabungan. Praktisi bisnis dan keuangan, Godo Tjahjono menilai besaran 20 persen itu masih masuk akal bagi seseorang dalam menyisihkan pemasukan bulanannya.

top-view-desk-arrangement-with-cash

Jika saat ini Anda memiliki pemasukan Rp8.000.000, dengan kalkulasi 20% di sisihkan setiap bulannya, dalam 1 tahun Anda bisa mendapatkan tabungan sebesar Rp19.200.000.

Pertimbangkan Menambah Pemasukan

Jika pada jangka waktu 1 tahun tersebut Anda merasa masih kurang dalam mempersiapkan biaya, ada rencana cadangan yang bisa Anda lakukan. Yaitu melakukan pekerjaan secara freelance sesuai dengan passion atau hobi.

Langkah ini bisa sangat membantu Anda dalam mendapatkan tambahan dana, bukan hanya DP, tapi juga tambahan pemasukan untuk menutup biaya atau kebutuhan yang tidak diduga-duga.

Tinggalkan Kebiasaan Boros

Yang terakhir, tinggalkan kebiasaan boros untuk bisa memiliki hunian idaman Anda dan mempercepat memiliki DP. Mungkin Anda perlu menahan untuk memperbaharui komputer/laptop Anda, atau menjaga performa kendaraan Anda untuk meminimalisir biaya ke bengkel.

top-view-calculator-money-arrangement

Dalam mempersiapkan biaya, terutama biaya awal seperti DP ini, seseorang kiranya bijak dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran yang dimiliki, sebagaimana disampaikan sejak awal materi. Keputusan Anda dalam mengatur keuangan akan mempengaruhi kondisi keuangan Anda di masa depan. Semoga artikel ini memberikan inspirasi bagi Anda, untuk segera memiliki hunian impian Anda bersama Arumaya.

Share:

SCHEDULE A VISIT